Di suatu hari yang cerah dimana burung-burung sudah mulai malas berkicau karena udah mulai sesak napas sepanjang hari isinya cuma ngisep karbon dan teman-temannya(set...ga penting amat!),saya pergi ke rental film dan meminjam sebuah film karya seorang penulis,Djenar Maesa Ayu..
Alhasil saya puaskan mata saya dalam melihat film itu...dialog per dialog, transisi per transisi, film ini cukup membingungkan. Tapi bukan karena
adegan-adegan 'syur' yang cukup mempesona saya(heheheh...), namun karena alurnya yang awalnya saya kira sebuah flashback...


Kejutan tidak berakhir di situ saja...Pada akhir-akhir film, kejutan paling besar membuat saya bingung setengah mati...saya gak habis pikir!!Kok jadi aneh gini?! Sampai CT(Credit Title) berjalan separuh badan(ini fakta!), saya masih bingung dan berpikir apa sih maksud dari film ini...


Namun saya sampai pada suatu pemikiran dimana adegan flashback yang bertebaran disana-sini, agaknya itu hanyalah khayalan sang tokoh utama(maap saya lupa namanya) yang merupakan penulis.Khayalan dia tentang isi cerita yang bakal dia tulis...Dengan memanfaatkan orang-orang yang ada disekitarnya, dia masukkan itu kedalam sebuah khayalan yang dia buat, untuk membuatnya,menyusunnya menjadi sebuah cerita yang bermakna dalam..


Well, yang jelas film Djenar ini sungguh memikat, baru kali ini saya melihat jenis film yang seperti ini, mengajak para penonton untuk berpikir sejenak dalam memahami keseluruhan film...